Friday 13 November 2015

Tentang Kota Wisata Batu

Kota Wisata Batu terbagi tiga kecamatan diantaranya kecamatan Bumiaji, kecamatan Batu, dan kecamatan Junrejo. kecamtan Bumiaji terbagi menjadi 8 desa, yaitu Desa Bulukerto ,Desa Giripurno, Desa Gunungsari, Desa Pandanrejo, Desa Punten,Desa Sumbergondo, Desa Tulungrejo, Desa Sumber Brantas. Kecamatan batu terbagi menjadi 8 desa, yaitu Desa Oro-oro ombo, Desa Sidomulyo, Desa sumberejo, Desa pesanggahan, Desa ngaglik, Desa sisir,Desa songokerto ,Desa temas. Kecamatan yang terakhir yaitu kecamatan Junrejo terbagi menjadi 7 desa, yaitu Desa Beji, Desa Dadaprejo, Desa Mojorejo, Desa Pendem, Desa Tlekung, Desa Torongrejo. 
 
Sebelum banyak tujuan wisata dan berubah menjadi kota yang dikenal sebagai kota wisata, Kota Batu telah memiliki icon yang telah menjadi khas yaitu buah apel. Pada saat itu banyak sekali masyarakat yang berprofesi sebagai petani apel dan kebanyakan dari mereka telah sukses dengan hasil pertanian mereka. Dengan hasil pertanian yang melimpah buah apel dari kota batu ini bisa menembus pasar nasional. Selain itu Kota Batu dikenal kota yang dingin. 

Tujuan wisata di Kota Batu dulu sangat berbeda dengan sekarang, bisa dikatan bahwa wisata di Batu itu sendiri adalah wisata yang alami. Kota Batu menyajikan wisata hampir tersebar merata di Kota batu. Berbicara wisata kota Kota Batu terdapat pada bagian utara Kota Batu itu sendiri. Ditandai dengan jalan yang ramai menuju wisata yang terletak pada bagian utara. Lebih tepatanya ada tiga tujuan utama yang biasa ramai dijadikan wisatawan untuk berwisata. Bahkan mungkin jalan raya kota Batu ramai hanya pada saat akhir pekan, pada waktu itu. 

 Pada bagian utara kota Batu itu sendiri terdapat pemandian air panas cangar terletak di Desa Sumber brantas. Pada waktu itu pemandian tersebut masih termasuk dalam wilayah desa Tulungrejo dengan berbagai alasan, kemudian Sumber brantas yang dulunya sebuah nama dusun telah berganti menjadi Desa Sumber brantas. Tepatnya Pemandian air panas cangar terletak di kaki gunung welirang. Dulunya di percaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena pada air panas tersebut mengandung belerang. Maka kemudian banyak masnyarakat local maupun interlokal menjadikan tujuan berwisata. 

Selain pemandian air cangar terdapat wisata yang masih termasuk dalam wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Wisata ini menyajikan air terjun yang sangat alami. Selian itu daerah tersebut sering digunakan untuk acara berkonteks alam misalnya kegiatan persami, outbound, dan masih banyak lagi. Wisata ini yaitu Wisata coban Talun. 
 
 selekcta

Tidak terlalu jauh dengan Wisata Coban Talun, terdapat tujuan wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pemandian Selecta menyediakan pemandangan alam yang sangat asri dengan berbagai taman yang tertata sedemikian rupa sehingga mampu menjadikan daya tarik wisata untuk berkunjung. Pada pemandian Selecta terdapat unsur sejarah yang menjadi bagian dari tujuan wisata. Sejarah tersebut menjadi sejarah karena terdapat bangunan rumah yang dulunya pernah ditinggali oleh bapak proklamator sebagai tempat singgah pada saat berkunjung. 

Dari ketiga tujuan wisata tersebut berdampak pada pembangunan hotel atau vila yang terletak di sekitaran wilayah wisata-wisata tersebut. Untuk masnyarakat sendiri banyak yang membangun tempat permanen atau semi permanen untuk dibuat berdagang buat apel yang pada waktu itu kebanyakan yang dicari oleh pengguna jalan yang berkunjung untuk menikmati akhir pekan dengan menghabiskan waktu dengan berwisata di kawasan Kota Batu sebagai oleh-oleh atau yang lainnya. Dengan berjalannya waktu, perkembangan Kota Batu sangat cepat berkembang dalam aspek pariwisata. Terpilihnya walikota yang baru, pada waktu itu, dipicu sebagai pembawa perubahan tersebut. pembangunan satu persatu tujuan wisata yang ada di kota Batu memiliki dampak positif atau negative tergantung dengan pemikiran dan kebutuhan dengan fakta yang ada di lapangan. Saat ini Kota Batu telah berganti dengan Kota Wisata Batu. Terdapat banyak perkembangan dalam bidang pariwisata, atau sampai permasalahan-permasalahan yang terjadi.

4 comments: